Garis keturunan Malinois, kaitannya dengan Dog Sport dan Working Dog


Malinois (Chien de Berger Belge), adalah jenis anjing kerja yang memiliki potensi bagus/ baik untuk kegiatan kegiatan Ring Sport maupun Working Dog (digunakan untuk anjing polisi,militer,gembala dan SAR).
Asal asli ras ini adalah negara Belgia dan sekarang ada beberapa negara yang mengembangbiakkannya seperti Jerman,Perancis,dan Belanda yang mana masing masing memiliki karakter dan sifat yang berbeda.
Malinois yang berasal dari breeder breeder Belgia biasanya tumbuh dengan ukuran badan yang sedikit lebih besar dari ukuran Malinois pada umumnya dan memiliki gigitan yang penuh (full mouthed grips). Malinois dari Perancis adalah anjing yang sangat tangkas, cepat, dan memiliki keinginan kerja untuk periode waktu yang panjang. Sedangkan Malinois yang berasal dari Belanda dikenal akan kecepatannya dan menabrak keras saat menggigit tetapi biasanya tidak full grips, sementara Malinois yang berasal dari negara Jerman dikenal akan cepat saat obedience, menabrak keras saat menggigit dan juga untuk kecepatannya.
Ini merupakan gambaran secara kasar saja tentang tipikal-tipikal Malinois yang berasal dari negara negara Eropa,tetapi gambaran ini cukup akurat.
Ini juga merupakan cerminan dari kegiatan kegiatan Ring Sport yang mereka lakukan di masing masing negaranya.
Belgian Ring, menekankan pada grips gigitan oleh karena itu anjing anjing yang berasal dari negara ini memiliki grips gigitan yang baik (full).
French Ring, menekankan pada ketahanan waktu, ketangkasan dan kecepatan.
KNPV menekankan pada bentrokan atau menabrak keras saat menggigit, sehingga anjing anjing dari Belanda larinya sangat cepat dan keras saat menggigit.
Schutzhund / IPO, menekankan pada kecepatan saat obedience dan ketenangan saat menggigit, sehingga anda bisa lihat banyak anjing-anjing dari Jerman dengan kwalitas seperti ini.
Banyak breeder yang telah mencoba menyilangkan diantara garis garis keturunan tersebut dengan harapan akan lahir anjing dengan potensi potensi tersebut diatas. Negara Belgia dan Perancis menghasilkan Malinois dengan sifat keturunan yang banyak. Jerman relatif baru dan telah mulai menyilangkan antara garis keturunan dari Belanda dan Belgia, dan belakangan ini menyilangkan dengan garis keturunan dari Perancis.
Dog Sport sangat berkaitan dengan working dog (anjing yang digunakan untuk keperluan kepolisian,militer,SAR maupun pengembalaan hewan ternak).
KNPV di negara Belanda tidak dilihat ataupun disadari sebagai sport tetapi lebih merupakan ujian untuk menjadi anjing polisi. Schutzhund diciptakan oleh Jerman sebagai jalan untuk sipil yang menyiapkan anjing-anjing yang kemudian digunakan untuk keperluan militer dan kepolisian.
Kegiatan-kegiatan Protection Dog adalah ujian-ujian untuk working dog tidak hanya sebatas Sport saja.
Tiap tiap ujian mungkin mengalami kegagalan atau hasil yang tidak sempurna tetapi bisa dijadikan awalan yang baik sebagai ukuran untuk induk yang akan dikembangbiakkan begitupun sebagai sarana pelatihan untuk berbagai jenis ras working dog.
Mungkin kita sulit menemukan working dog yang bagus tanpa salah satu gelar "SPORT" seperti Sch, FR, MR, Korung dan sebagainya di pedigree nenek moyang mereka.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls