Anjing Ras Saint Bernard



Sementara Negara asal muasal Saint Bernard tidak didokumentasikan secara jelas, namun lebih banyak dikenal bahwasanya jenis trah ini dikembang biakkan oleh para biarawan di Rumah Rawat di Puncak Grand St. Bernard di Negara Switzerland pada abad 17.
Dari perkiraan yang dapat dipertanggung jawabkan trah ini diketemukan antara tahun 1660 dan 1670. Anjing-anjing ini merupakan keturunan daripada jenis tipe anjing Mastiff Asia yang pada awalnya dibawa ke daerah tersebut oleh Tentara Romawi. Hingga pada sekitar tahun 1700, Dan dipercaya bahwa anjing St. Bernard digunakan sebagai anjing Penjaga dan Sahabat bagi para biarawan pada saat pengungsian di musim dingin.

Jenis Trah ini terdaftar pada:
  • Canadian Kennel Club (CKC): Working Dogs
  • American Kennel Club (AKC): Working Group
  • United Kennel Club (UKC): Guardian Dogs
  • The Kennel Club [U.K.] (KC): Working
  • Fédération Cynologique Internationale (FCI) * - No. 61
Negara Asal: Switzerland
Tinggi:
  • Dewasa Jantan: 28-30 Inch / 71.12-76.2 Cm dari pundak.
  • Dewasa Betina: 26-28 inch / 66.04-71.12 Cm dari pundak.
Berat Badan:
  • Dewasa Jantan: Antara 140 -180 Lbs / 63.50-81.65 Kg.
  • Dewasa Betina: Antara 120 -140 Lbs / 54.43-63.50 Kg.

Anjing-anjing ini dikatakan sebagai peliharaan yang menemani para biarawan dalam melakukan patroli di pegunungan untuk mencari orang-orang yang tersesat atau terjebak pada saat terjadi badai salju. Dikatakan bahwa anjing St. Bernard memiliki kecerdasan tersendiri didalam mendeteksi badai yang akan terjadi di masa mendatang dan terlebih lagi mereka memiliki keahlian didalam melakukan penyalamatan yang diperolehnya dari para biarawan.
Pada saat melakukan pencarian, anjing-anjing ini dilepaskan secara berkelompok 2 atau 3 ekor tanpa pengawalan untuk menemukan orang-orang yang tersesat. Anjing-anjing ini dapat menemukan orang yang terkubur di dalam timbunan salju, dan mereka menggalinya, membangunkannya, dan apabila orang yang tertimbun tersebut tidak dapat bergerak, salah satu dari anjing tersebut akan berbaring di atasnya untuk memberikan kehangatan, sementara anjing yang lain akan kembali ke tempat biarawan untuk memberitahukan bahwa mereka menemukan orang yang mengalami musibah. Dan bagi mereka yang tersesat dan masih mampu berjalan akan dituntun ke tempat perawatan oleh anjing-anjing tersebut. Demikian pula hingga saat ini karakteristik untuk menggali dan membangunkan orang yang terbaring di timbunan salju masih tetap berjalan oleh jenis trah anjing ini. Anjing Saint Bernard diakui telah berhasil menyelamatkan lebih dari 2,500 orang yang tersesat dalam badai salju.
Pada saat musim salju di tahun 1816 - 1818, badai salju menimbulkan banyak korban pada anjing-anjing yang tengah melakukan penyelamatan. Yang menyebabkan kehidupan di Rumah Rawat biarawan nyaris tak terselamatkan. Meskipun demikian sejarah mencatat pada akhirnya para biarawan berhasil mengatasi masalah ini dalam waktu 2 tahun kemudian, dengan menggunakan anjing-anjing yang sejenis yang ditemukan berada di sekitar perbukitan, meskipun tidak ada catatan yang mengkonfirmasi hal ini, dan dikabarkan bahwa sisa dari anjing-anjing tersebut disilangkan dengan anjing Great Danes atau Englsih Mastiffs.
Pada awal tahun 1830, telah tiga kali disilangkan dengan Newfoundlands dengan harapan agar bulu panjang akan diperoleh dari Newfoundland akan dapat memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap cuaca dingin. Namun, hal ini terbukti justru menimbulkan masalah baru dari sebelumnya, karena kandungan es yang terbentuk pada bulu yang panjang dan berat yang terbentuk oleh es dan salju membuat anjing ini lebih sulit untuk bergerak. Oleh Karena itu para biarawan berhenti menggunakan anjing yang berbulu panjang untuk melakukan pekerjaan penyelamatan, dan menghentikan beternak dengan metode ini, dan semua anak-anak anjing dengan bulu panjang dibagikan. Beternak dengan cara yang selektif dan seksama dilakukan di Swiss yang menghasilkan anak-anak anjing keduanya baik bulu panjang dan bulu pendek. Dan sebenarnya Para Peternak St. Bernard di Swiss berhasil mengembalikan trah anjing ini kembali seperti pada awalnya tipe anjing seperti pada saat di Rumah Rawat dahulu, yaitu varietas yang memiliki dua jenis bulu.
Pada saat itu, jenis anjing ini belum memiliki nama, dan hanya dikenal sebagai Anjing Rumah Rawat, Anjing Suci, Alpine Mastiff dan Saint Bernard Mastiff. Ada juga yang menyebutnya sebagai Mountain Dogs, Monastery dogs atau Swiss Alpine Dog, dan beberapa orang Swiss menyebutnya dengan panggilan Barry Dogs sebagai upaya memberikan penghargaan kepada salah satu anjing yang bernama Barry der Menschenretter, yang berjasa menyelamatkan 40 orang yang bepergian selama ia bekerja. Dan pada tahun 1880 nama yang disetujui untuk diberikan adalah Saint Bernard.
Pembiakkan pertama yang tercatat diluar dari rumah perawatan terjadi di Switzerland pada tahun 1855 oleh Herr Hienrich Schumacher, sebagai orang pertama yang mencatatkan pada buku silsilah dan menjaga kemurnian trah sama seperti tipe di rumah rawat. Dan dikarenakan banyaknya permintaan akan jenis trah ini mengakibatkan terjadi penyimpangan-penyimpangan, dan upaya untuk menjaga kelestarian jenis trah ini dilakukan, dan ketika Swiss Kennel Club dibentuk di tahun 1883 dan ditetapkan pula sebagai sebagai Swiss Saint Bernard pada tahun 1884.
Inggris telah mendatangkan anjing rumah rawat ini sejak tahun 1820, dan dikembang biakkan dengan program pembiakkan mereka sendiri. Oleh sebab itu, Saint Bernard Inggris berbeda dengan yang biasa ditemukan di rumah rawat dahulu, hal ini karena telah disilangkan dengan anjing English Mastiff. Orang Inggris menentukan sendiri standarisasi mereka pada tahun 1887. Pada tahun 1863, Anjing Saint Bernard dari kedua Negara Inggris dan Switzerland telah dikirim keseluruh penjuru dunia, dan kedua jenis tipe yang berbeda tersebutlah yang diketemukan. Kontroversi juga ditemukan sehubungan dengan Negara mana yang memiliki tipe yang sebenarnya dan yang mana tipe yang seharusnyapun muncul.
Pada tahun 1887, di Zurich telah diadakan Konggres Internasional untuk membahas dan menyimpulkan hal tersebut, dan diputuskan bahwa Standarisasi dari Negara Swissl yang dipergunakan di seluruh dunia terkecuali di Negara Inggris. Pada saat sekarang terdapat 3 Standarisasi Saint Bernard yang diakui, yaitu : Modifikasi dari versi tipe Swiss yang lama dipergunakan di Amerika Serikat, Versi Negara Inggris dan Revisi versi Swiss yang dipergunakan oleh Seluruh Negara-Nagara yang bernaung di bawah FCI pada tahun 1993.

TEMPERAMEN DAN KARAKTER :
Anjing Trah Saint Bernard bertenaga kuat, kemampuan intelegensi yang tinggi, kokoh dan berotot. Trah ini dikembangkan sebagai anjing pekerja dan tugas awalnya adalah sebagai anjing penyelamat di Pegunungan Alpen, yang kemudian berkembang sebagai anjing penghela kereta yang memuat hasil pertanian, termasuk sebagai penarik kereta yang memuat susu untuk diantar dari rumah ke rumah. Dengan temperamental yang sangat stabil jika berada diantara lingkungan orang dan hewan peliharaan lain. Saint Bernard adalah anjing yang sangat dapat diandalkan sebagai anjing pekerja. Saat ini Saint Bernard sering dijumpai turut berpartisipasi pada: Ujian Ketaatan, Pelacakkan, Karya Guna, Draft test dan Menarik Beban.
Anjing Saint Bernard adalah jenis anjing sahabat keluarga yang sangat baik. Yang secara naluriah memiliki karakter yang ramah, lemah lembut, mudah bergaul, khususnya di dalam menjaga dan mengerti sifat anak-anak kecil. Namun demikian Saint Bernard bukanlah anjing yang dapat dimiliki oleh setiap orang, karena anjing ini memiliki postur tubuh yang sangat besar yang dapat dengan mudah untuk dikuasai.
BULU :
Perawatan bulu yang dilakukan dari waktu ke waktu setiap saat dapat membantu mengurangi kerontokkan untuk kedua jenis baik yang berbulu panjang maupun yang berbulu pendek, karena setiap anjing pasti tetap akan mengalami kerontokkan.
Pada saat sekarang Jenis Trah Saint Bernard terdapat pada dua jenis varietas bulu yang berbeda : Yang memiliki Bulu Pendek, tebal, memiliki bulu halus dan kasar; sedangkan Yang Berbulu Panjang atau Varietas Bulu Kasar memiliki bulu yang cukup panjang, lurus atau sedikit berombak.
WARNA :
Warna yang diperkenankan adalah Warna Putih dengan terdapat warna merah, ataupun Warna Merah dengan terdapat Warna Putih. Dan terkadang juga terdapat tanda putih pada dada, kaki, ujung daripada ekornya, Kepala dan Bagian leher.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Sehubungan Dengan Kesehatan :
Seperti Juga halnya yang diketemukan terhadap anjing ras lainnya, Saint Bernard juga diperkirakan memiliki beberapa kelemahan dan masalah kesehatan. Berikut ini adalah masalah kesehatan yang secara genetika ditemukan pada jenis trah anjing ini:
Hip Dysplasia: Problematika Persendian
Elbow Dysplasia: Problematika Siku Depan
Entropian: Problematika Pada Mata
Epilepsy: Problematika Epilepsi
Heart Defects: Problematika Jantung
Sebagai tambahan, seperti yang umum terjadi pada anjing trah besar, gangguan pada Saluran Pernafasan atau Lambung adalah hal yang mungkin dapat terjadi pada jenis trah Saint Bernard. Dan sangatlah dianjurkan apabila Anda kurang memahami mengenai kondisi ini, Anda harus memperlajari untuk mengetahui secara tepat indikasi awalnya - hal ini merupakan pencegahan dini pada saat darurat dan dapat mengakibatkan kematian, dan harus dengan segera menkonsultasikannya dengan dokter hewan anda. Untuk mengetahui hal tersebut lebih awal sebagai referensi Anda dapat mengunduh informsi tersebut pada Gastric Dilatation Volvulus (GDV) - Bloat dan First Aid for Bloat apabila memang disaat Anda membutuhkan dikemudian hari.
Standarisasi Trah Saint Bernard Menurut Masing-Masing Negara :
  • CKC Breed Standard
  • AKC Breed Standard
  • UKC Breed Standard
  • The Kennel Club (U.K.) Breed Standard (Perubahan Terakhir :January 2009 - INTERIM (Breed Standard under review until June 2009)
  • FCI-Standard No 61 / 21. 01. 2004 / GB (Berlaku : April 2004)
Latihan Yang Cukup :
Saint Bernard adalah jenis anjing yang sangat mudah untuk diajak berlatih dan bermain, mereka dapat menerima hal-hal yang diajarkan. Dan latihan mulai dilakukan sejak sedini mungkin.

Informasi Perawatan :
Mengingat Bulu Anjing Saint Bernard tergolong panjang, untuk itu sangat disarankan untuk menyikat secara berkala dari waktu ke waktu, khususnya untuk Saint Bernard yang memiliki tipe bulu panjang. Penyikatan Bulu setiap hari dengan kisaran antara 5 sampai 10 menit akan dapat membantu menjaga kesehatan dan kerapihan bulunya dan juga membantu mengurangi terjadinya kerontokkan.
Perawatan Bulu dan menjaga Kesehatan yang rutin sangatlah penting bagi hewan kesayangan Anda, hal ini akan mempengaruhi kepada penampilannya yang sehat, membantu mencegah timbulnya penyakit dan mereka unutk tetap selalu sehat.
Memandikan anjing anda dilakukan dengan dasar ‘pada saat dibutuhkan'. Seberapa sering Anda memandikan semua sangat tergantung kepada masing-masing hewan peliharaan ANda ( ini juga karena dipengaruhi oleh : Lokasi Mereka bermain becek/berair/kering).
Jangan pernah menggunakan Shamppo manusia, karena kulit anjing lebih sangat sensitive daripada manusia, dan hal ini dapat menimbulkan masalah iritasi kulit yang sangat serius, dan juga dapat menyebabkan kekeringan pada bulu anjing dan merusak jaringan kulit mereka.
Telinga merupakan bagain yang sangat penting bagi kesehatan hewan peliharaan Anda. Kedua belah telinganya harus diperiksa secara rutin dan apabila anjing Anda memiliki jenis bulu panjang. Kotoran-kotoran, kandungan minyak yang terdapat ditelinga harus senantiasa dibersihkan.
Catatan : Membersihkan telinga dengan menggunakan ‘cotton bud' tidak dianjurkan, karena pada saat Anda menggunakannya unutk membersihkan bagian dalam telinga tanpa Anda ketahui kemungkinan akan dapat merusak selaput gendang telinga anjing Anda.
Perawatan Kuku: Dengan memotong Kuku secara benar sesuai dengan kebutuhan (Jika sudah Panjang) akan membantu menjaga kesehatan dari telapak kaki anjing Anda, dan hal ini akan membuat hewan kesayangan Anda merasa lebih nyaman pada saat berlari dan berjalan. Kelalaian dalam merawat kebersihan kuku dan memotongnya akan mengakibatkan kuku tersebut tumbuh terlalu panjang yang mengakibatkan anjing merasa sakit dan dapat menimbulkan infeksi.

Berikut ini adalah 12 cara yang kami rekomendasikan pada Anda untuk tetap menjaga Anjing Saint Bernard Anda dapat hidup sehat dan mencapai usia maksimal : (sumber : http://www.ehow.com/how_10116_care-saint-bernard.html).
1.Selalu berikan VAKSINASI yang dibutuhkan kepada Saint Bernard anda, dan ditindak lanjuti dengan melakukan pengulangan, hal ini untuk menjaga stabilitas kekebalan dan daya tahan tubuh terhadap berbagai macam penyakit. Dan berikan selalu OBAT CACING pada anjing Anda secara berkala setiap 3 bulan, dan jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter hewan.
2. Berikanlah Saint Bernard Anda antara 6 hingga 13 Cup setiap hari (Ukuran Cup tergantung pada Dog food yang Anda berikan, dan juga usia serta berat badan). Karena Saint Bernard adalah anjing yang mudah bertambah besar, dianjurkan untuk memberikan makan 2 atau 3 kali dalam ukuran kecil setiap hari, hal ini dilakukan kebalikkan dari memberi makan 1 atau 2 kali namun dalam ukuran yang lebih banyak.
3.Berikanlah Saint Bernard Anda makanan dengan kualitas yang baik, terutama makanan harus ada kandungan dagingnya, Dan jika Anda memberikan Dogfood, kandungan proteinnya jangan yang kurang dari 30 persen, dan kandungan lemak tidak berada di bawah 20 persen, dan kandungan serat yang paling maksimum 4 persen atau kurang
4.Dianjurkan untuk memeriksakan kemungkinan terdapat problema Hip dysplasia, Anda dianjurkaan untuk berkonsultasi dengan Dokter Hewan Anda
5.Berikan Saint Bernard Anda sosialisasi terhadap manusia khusunya anak-anak dan juga hewan peliharaan lainnya. Meskipun mereka tergolong hewan peliharaan yang patuh dan penurut, namun secara naluriah dan dikarenakan postur tubuhnya yang besar terkadang timbul masalah didalam menguasainya.
6.Ajaklah Saint Bernard Anda Jalan Berkeliling setiap hari, dan jangan lupa untuk tetap menggunakan tali penuntun. Dan janganlah Anda lupa dikarenakan ukuran tubuhnya yang besar seekor aint Bernard akan dapat berubah menjadi tidak terkendali jika mereka hendak melakukan tindakkan sesuatu. Dan ingatlah mereka juga lamban di dalam pergerakkan.
7.Janganlah melakukan latihan yang terlalu berlebihan kepada anak anjing Saint Bernard Anda terutama pada saat mereka baru berusia 1 atu 2 tahun, keran pada saat tersebut tulang belulang mereka masih di dalam masa pertumbuhan.
8.Sikatlah Bulu Saint Bernard dengan menggunakan Sikat rambut yang kokoh sesuai dengan kebutuhan, begitu pula mandikan mereka sesuai dengan yang dibtuhkan. Jangan lupa mengingat bulunya yang panjang, semakin sering Anda menyisir bulu mereka hal ini akan mengatasi kerontokkan yang menyeluruh dan terjadinya penggumpalan pada bulu.
9.Potonglah Kuku mereka setiap 2 atau 3 minggu.
10.Bersihkan Mata anjing Saint Bernard sesering mungkin dengan menggunakan kain katun yang bersih, dan gunakanlah kain katun yang baru untuk membersihkan mata yang berbeda.
11.Mengerti mengenai problematika kesehatan yang mungkin timbul pada saint Bernard. Seperti Gelisah, Jantung dan Kulit, Hip Dysplasia (Kegagalan pada sambungan persendian), problematika mata (lipatan mata).
12.Bersiaplah unutk menikmati kebersamaan Anda hidup bersama Saint Bernard antara 8 hingga 10 tahun atau lebih, karena ini adalah perkiraan umum usia seekor Saint Bernard.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls