Anjing Ras Fox Terrier


Anjing Fox Terier adalah jenis anjing yang cukup tua berasal dari negara Inggris. Di Amerika Serikat jenis ini telah terdaftar dan diperlombakan kurang lebih sejak 100 tahun yang lalu.
Di Amerika Serikat Fox Terrier ini dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu Wire (bulu kasar) dan Smooth (bulu pendek) Fox Terrier. Hal ini terjadi karena dipercaya jenis tersebut mempunyai garis keturunan yang berbeda. Wirehaired adalah keturunan jenis anjing Wales, Derbyshire dan Durham. Sedangkan Smooth adalah keturunan jenis anjing Bull Terrier, Greyhound dan Beagel.
Salah satu catatan bahwa jenis anjing ini adalah jenis anjing yang cukup tua, tertera pada lukisan Smooth Fox Terier yang dibuat tahun 1790 oleh seorang Kolonel Thronton.
Smooth Fox Terrier diperlombakan 15 tahun sampai dengan 20 tahun lebih dahulu dari pada jenis Wirehaired. Diperlombakan pertama kali sebagai jenis anjing untuk berolahraga. Hal yang menjadi andalan jenis ini adalah ketajaman penciuma dan penglihatannya serta kemampuan mereka menggiring serigala keluar dari sarangnya.
Pada tahun 1876 Klub Fox Terrier Inggris merumuskan standart ketururan jenis ini.
Gambaran umum
Smooth Fox Terrier adalah anjing kecil yang berpenampilan sangat indah, pintar dan bergaya, dibalut dengan bulu berwarna putih bertotol hitam atau coklat yang mengkilap. Tulang kepala yang kecil dan telinga yang tertekuk berbentuk huruf “V”. Ekornya tegak yang biasanya dipotong sehingga tersisa ¼ dari panjang keseluruhan.
Keberanian jenis anjing ini, didukung dengan rahang yang kokoh, gigi yang baik, fisik yang baik, serta minatnya yang besar dalam menelusuri hal-hal yang baru. Matanya yang gelap, kecil, pandangannya yang tajam dan hidup serta leher yang tebal dan berotot melengkapi keindahan tampilan Fox Terrier
Temperamen
Smooth Fox Terrier adalah anjing yang sangat energik, selalu tampil gembira dan berani. Mereka senang bermain dengan anak-anak. Mereka dapat menyatu dengan keluarga dimana mereka tinggal, namun ia pun tidak dapat menyembunyikan iri hatinya. Selain itu mereka siap setiap saat, agresif suka berkelahi sekalipun dengan anjing yang lebih besar dan senang mengikuti keinginan hatinya. Selain itu jenis ini amat cerdik. Mereka membutuhkan perhatiaan dan latihan yang cukup agar mereka tidak menjadi anjing perusak. Jenis ini juga tidak dapat dipercaya bila bersama dengan peliharaan lainnya. Bila ada kesempatan mereka akan memburu hewan lain.
Mereka dapat hidup berdampingan dengan anjing jenis lain didalam keluarga bila di kenalkan dengan baik.
Sesuai sifat aslinya yang senang menjelajah sesuatu yang baru. Fox Terrier sebaiknya selalu dalam keadaan terikat atau berada diruangan tertutup.
Fox Terier senang menggonggong sehingga sangat sesuai sebagai anjing penjaga walaupun kadang-kadang dapat mengganggu tetangga. Mereka mungkin agak ribut sehingga tidak sesuai untuk orang-orang tua yang biasanya membutuhkan banyak ketenangan. Mereka perlu mendapatkan training ketaatan sedini mungkin untuk mengatasi peranggai yang buruk
Berat dan Tinggi Badan
Tinggi Jantan 36 – 41 cm , Betina 33 – 38 cm.
Berat Jantan 7 – 9 kg , Betina 6 – 8 kg.
Syarat tempat tinggal
Fox Terrier dapat tinggal di apartemen atau rumah yang tidak memiliki kebun, namun perlu cukup diberikan latihan dengan berjalan/berlari jarak jauh. Mereka sangat senang bisa bebas berlari. Bila ada kebun yang kecil, mereka dapat mencukupi kebutuhan mereka untuk beraktifitas dengan bermain sendiri. Semua ini diperlukan karena mereka adalah anjing yang aktif, kurang bergerak menyebabkan mereka menjadi jemu, sehingga memungkinkan mereka akan berlaku yang tidak menyenangkan.
Harapan Hidup
Diperkirakan 15 tahun lebih.
Pemeliharaan
Pemeliharaan sangat mudah. Disikat dan dimandikan bila perlu. Jenis ini adalah anjing yang ramping. 
sumber : anjingkitadotcom

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls