Anjing Rough Collie

Anjing Collie berasal dari dataran tinggi Scotland, Anjing ini dikembangkan pada mulanya sebagai anjing gembala dan penjaga. yang menurut sejarahnya berabad-abad yang lalu dipergunakan sebagai anjing gembala dan penjaga. 


Menurut sejarahnya nenek moyang Collie berasal dari anjing gembala kuno. Tapi Rough Collie atau Lassie Collie yang kita kenal sekarang jadi popular di masa pemerintahan Ratu Victoria di tahun 1800-an. Selama kunjungannya ke Istana Balmoral di Skotlandia RatuVictoria terkesan pada banyaknya Collie yang bekerja. Ia membawa pulang beberapa ekor ke kandang istananya di Inggris. Saat di kandang istana, disarankan Collie dikawinkan dengan Borzoi yang diterima Putri Alexandra anak Victoria dari Tsar Nicolas II dari Rusia. Saat Ratu Victoria ke Skotlandia dan membeli Istana Balmoral, Collie menjadi lambing status.
Diyakini banyak orang Collie modern terkait pada anjing bernama Trefoil. Yang lebih terkenal dari Trefoil adalah cucunya, Old Cocky. Anjing Inggris ini lahir tahun 1867 dan menjadi penetap standar Collie sekarang. Jenis ini menyeberangi Atlantik ke Amerika di awal tahun 1900-an dibawa oleh JP Morgan dan menjadi populer di Amerika.
Secara garis besar Collie dibedakan menjadi dua model. Model Amerika yang cenderung lebih gagah dan model Inggris lebih tradisional. Collie Inggris 2 inci lebih pendek di bahu dari pada Collie Amerika. Wajah berbeda bila diperhatikan. Tipe berbeda yang tetap menjadi kehebatan masing-masing jenis. Selalu menjadi perdebatan anatara 2 negara mana Collie yang lebih sempurna.
Collie digambarkan di banyak kisah sebagai pahlawan. Ada puluhan buku anak dengan Collie sebagai pelaku utamanya. Begitu banyak kisah berdasar fakta bahwa Collie sangat setia. Ia dikenal sebagai anjing setia. Nama Collie berasal dari domba wajah hitam disebut coalie ( arang ). Mereka dipakai membantu menggiring domba dan melindungi kawanan dan tuannya.
Jantan setinggi 24-26 inci hingga bahu dan beratnya 60-75 pon. Betina setinggi 22-24 inci dan beratnya 50-65 pon. Standar pameran menekankan ekspresi wajah unsure terpenting dalam menentukan kondisi fisik. Ekspresi wajahnya tidak boleh cemberut, malu-malu atau lemah. Bila menatap matanya harus tampah semangat, kecerdasan dan keingintahuannya yang membuatnya cocok bagi siapa saja.
Nama Rough Collie di dapat merujuk pada bulunya. Collie bukanlah Collie tanpa bulu lebat indahnya. Collie juga ada yang berjenis mulus/ bulu pendek dengan standard yang sama.
Karakter Umum
Collie adalah anjing dengan karakter luwes, aktif dan patuh, dada yang lebar menunjukkan kekuatan, bahu yang kokoh menunjukkan kecepatan, dan wajah menunjukkan kecerdasan yang tinggi. Penampilan umum Collie menjukkan suatu gambaran yang mengesankan, masing-masing bagian/ postur tubuh berada dalam proporsi seimbang.
Kepala
Kepala merupakan bagian yang sangat penting, harus proporsional dengan ukuran badan secara keseluruhan, tidak boleh terlalu besar. Kepala meruncing dan mendatar dari telinga sampai ke unjung hidung dengan stop yang jelas pada sudut mata, hidung berwarna hitam, stuktur gigi yang saling menggunting.
Kesalahan : Overshot dan undershot pada rahang.
Mata
Bentuk mata seperti buah almond dengan ukuran sedang. Warna mata gelap dan tidak diperbolehkan adanya lingkaran kuning. Mata harus jernih, menunjukkan penampilan yang cerdas dan ekspresi keingin tahuan yang besar. terutama sekali ketika telinga berdiri dan anjing sedang berjaga-jaga.
Telinga
Telinga sebanding dengan ukuran kepala. Telinga yang besar pada umumnya tidak bisa berdiri, dan bahkan jika berdiri akan terlihat terlalu besar untuk ukuran kepala. ¼ bagian dari telinga harus menekuk ke depan.
Leher
Leher harus lurus dan berotot, dengan bulu berumbai-rumbai yang menggambarkan kegagahan.
Badan
Badan keras dan berotot, dengan panjang yang proporsional dengan tingginya. Tulang rusuk lengkap di belakang bahu dengan dada yang bidang. Punggung didukung oleh paha dan pinggul yang kuat dengan pinggang yang ramping.
Kaki
Kaki depan berotot dan lurus, kaki belakang sedikit lebih besar dan berotot.
Ekor
Ekor memiliki panjang yang sedang, meyambung dengan baik ke badan. Menjuntai ke bawah ketika anjing diam, dan diatas punggung ketika anjing bergairah.
Bulu
Bulu panjang menjuntai pada seluruh badan kecuali pada kepala dan kaki. Collie memiliki dua lapisan bulu, bulu bagian luar kasar dan lurus sedangkan bagian dalam halus yang menutup kulit bersamaan sehingga kulit sulit untuk dilihat ketika bulu disibak.
Warna
Ada empat warna yang diakui "Sable and White," "Tri-color," "Blue Merle" dan "White." Pada Sable and White warna yang lebih dominant adalah coklat dengan variasi dari coklat gelap sampai coklat terang keemasan dengan spot putih pada bagian dada, leher, kaki dan ujung ekor. Pada Tri-colour warna dominant hitam dengan variasi putih dan coklat pada bagaian leher, kepala dan kaki. Pada Blue Merle variasi warna abu-abu kebiruan dengan bintik hitam, putih dan coklat pada bagian leher, kepala dan kaki.
Ukuran
Jantan memiliki tinggi 24 inci sampai 26 inci dari bahu dengan berat badan 60 sampai 75 pon. Untuk betina memiliki tinggi 22 inci sampai 24 inci dengan berat badan 50 sampai 65 pon.
Ekspresi
Ekspresi wajah adalah salah satu point utama dalam menilai Collie., harus menunjutkan semangat dan kecerdasan.
Secara keseluruhan, anjing Collie baik Rough maupun smooth Collie adalah anjing keluarga yang sangat menyenangkan, sangat ramah terhadap anak kecil, protektif dan sangat setia.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls